SISTEM SEL
Hak Cipta©2019
Penulis
Dr. Ferry Lismanto Syaiful., S.Pt, MP
Hak Cipta dilindungi undang-undang.
Dilarang memperbanyak atau memindahkan sebagian atau
seluruh isi buku ini dalam bentuk apapun,baik secara elektronis maupun mekanis,
termasuk memfotokopi, merekam atau dengan sistem penyimpanan lainnya, tanpa
izin tertulis dari Penulis
Penerbit:
LPPM Universitas Andalas
Anggota IKAPI: No.
Alamat: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada
Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas
Gedung Rektorat Lantai II Kampus Limau Manis, Padang
25163
Telp./Faks.: 0751-72645,
Alamat e-mail: lppm.unand@gmail.com
Website : lppm.unand.ac.id
Cetakan I: 2019
ISBN–978-623-7626-27-5
1. Halaman: 61
2.
Judul: Sistem
Sel
KATA PENGANTAR
Mahluk hidup tersusun oleh berbagai sel.
Sel merupakan satu unit dasar dari tubuh
yang memiliki struktur dan fungsional dasar penyusun dari makhluk hidup. Setiap
sel disusun oleh membran dan sitoplasma yang berisi organel sel. Pada organ ini
terdapat gregasi berbagai sel yang dipersatukan satu sama lain disokong oleh
struktur interseluler.
Sel memiliki jenis,
ukuran, struktur dan komponen kimia dari organel-organel sel untuk menunjang
proses metabolisme dalam tubuh. Setiap
jenis sel berperan dalam melakukan fungsinya dalam tubuh makhluk hidup.Bila
dilihat dari tingkatan evolusinya maka sel dapat dikelompokkan atas: sel
prokariot dan eukariot. Yang membedakan kedua sel ini adalah nukleus/ inti sel
sejati. Nukleus memiliki membran dan materi genetik yang terkandung dalam inti
sel.
Modul ini
sangat penting, berisi materi
perkuliahan yang dibekali dengan ilmu pengetahuan, keterapilan dalam menyajikan pengetahuan untuk mengetahui, mempelajari, memahami dan menjelaskan serta
menguraikan seluk beluk tentang sistem
sel.
Modul ini memuat materi
perkuliahan/pembelajaran yang lebih terarah yang dilengkapi dengan prosedur
kerja dan penilaian. Diharapkan terbitnya buku
ajar ini dapat bermanfaat dan digunakan sebagai pedoman/ referensi bagi dosen
dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar (PBM). Disamping
itu, buku ajar ini juga telah disusun secara sistematik sesuai aturan
Ristekdikti yang memuat tentang judul, kompetensi dasar, tujuan dicapai, uraian
materi pertanyaan dan daftar pustaka.
Disamping itu,
modul ini
ditujukan untuk menebarkan pengetahuan dan menginspirasi bagi pembaca.
Diharapkan pembaca dapat mengambil pengetahuan yang tertuang didalam buku ini.
Penulis berharap gagasan dalam buku ini dapat bermanfaat dan dapat memperkaya
wawasan pengetahuan untuk pembaca pada umumnya.
Semoga Allah yang maha cerdas menilai usaha penulis ini sebagai yang
amal saleh. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.
Penulis menyadari modul ini masih jauh dari sempurna,
sangat diharapkan adanya kirik dan saran yang bersifat membangun demi
sempurnanya buku ini di masa mendatang. Harapan
penulis, modul ini dapat memberikan pengetahuan baik
bagi Dosen, Mahasiswa, teknisi maupun pembaca yang berminat pada bidang peternakan khususnya.
Selanjutnya ucapan terima kasih disampaikan kepada dan semua
pihak yang telah memberikan bantuan kepada penulis selama proses penulisan buku hingga terselesainya buku ini dengan
baik. Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada semua pihak yang dengan ikhlas
telah membantu penyelesaian penulisan buku ini.
Akhirnya, penulis mendo’akan semoga Allah SWT membalas jasa-jasa
yang telah diberikan dan mendapat rahmat dan karunia-Nya. Semoga apa yang telah
dituangkan dalam buku ini bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan dunia
peternakan. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.
Padang, Oktober 2019
Penulis,
Dr. Ferry Lismanto Syaiful.,
S.Pt, MP
DAFTAR ISI
Halaman
KATA
PENGANTAR iii
DAFTAR
ISI v
DAFTAR
GAMBAR vii
I. PENDAHULUAN 1
A. Deskripsi 1
B. Kegiatan
Perkuliahan 1
II. MATERI PERKULIAHAN 3
Kegiatan Perkuliahan I. Sel
3
A. Defenisi
Sel
3
B. Teori Perkembangan Sel 5
C. Karakteristik Sel 6
D. Struktur Sel 9
Kegiatan
Perkuliahan II. Organel-organel Sel 19
B.
Nukleus 22
C. Sitoplasma 26
1. Mitokondria 26
2. Retikulum
Endoplasma 28
3. Badan
Golgi 30
4. Ribosom 31
5. Lisosom 32
6. Vakuola
33
7. Sentriol 33
D. Fungsi
Sel 34
Kegiatan Perkuliahan III. Pembelahan Sel 35
A. Amitosis 35
B. Pembelahan Mitosis
dan Meiosis 36
1. Mitosis 36
2. Meiosis 38
PERTANYAAN 40
RANGKUMAN 41
DAFTAR GAMBAR
Halaman
1. Sel 3
2. Ekspansi Sel Kumulus 4
3. Bakteri ............................. 10
4. Bentuk Bakteri 11
5. Sel Tumbuhan 12
6. Sel Hewan dan Organ Penyusunnya 13
7. Membran
20
8. Struktur Membran Sel 20
9. Nukleus
23
10. Nukleus dan Komponennya 24
11. Nukleos 25
12. Mitokondria
27
13. Retikulum
Endoplasma 29
14. Badan Golgi 30
15. Ribosom 32
16. Lisosom 33
17. Sentriol 34
18. Pembelahan
Amitosis 36
19.
Pembelahan Sel Secara Tidak Langsung 39
KURIKULUM
Kompetensi
kelulusan sarjana peternakan yang telah dirumuskan mengacu pada SK.
Kepmendiknas No. 045/U/2002 (232/U/2005) tentang kompetensi kelulusan yang
mengandung lima elemen kompetensi. Adapu elemen kompetensi yaitu: 1.
Kepribadian, 2. Penguasaan ilmu dan ketrampilan, 3. Mampu berkarya, 4. Dapat
bersikap dan berperilaku yang baik, 5. Memiliki keahlian dalam berkarya.
Sedangkan kompetensi dan elemennya dirumuskan mengacu pada SK Mendiknas No.045/U/2002 terlihat pada Tabel 1.
Tabel
1.
Matrik Rumusan Kompetensi dan Elemennya
KELOMPOK KOMPETENSI
|
NO
|
RUMUSAN KOMPETENSI
|
ELEMEN KOMPETENSI
|
||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|||
KOMPETENSI UTAMA
|
1
|
Menguasai dan mampu menerapkan
IPTEKS peternakan
|
|
|
|
|
|
2
|
Mampu menganalisis, menginterpretasi dan memecahkan masalah
di
bidang peternakan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Mampu mengikuti perkembangan
IPTEKS
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Mampu bekerjasama
dan beradaptasi dalam lingkungan
kerja
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Mampu berkomunikasi secara efektif
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Mampu mengelola
dan memimpin usaha peternakan
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Mampu memotivasi dan menggerakkan masyarakat dalam pengembangan
peternakan
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Mampu memulai dan mengembangkan
bisnis peternakan berbasis teknologi
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Mampu membangun
jaringan
usaha/ interkoneksitas
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI PENDUKUNG
|
10
|
Mampu memanfaatkan
dan Penggunaan IT
|
|
|
|
|
|
11
|
Mampu
menggunakan bahasa asing
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Mampu
pengembangan dan mengornanisir kelembangaan usaha peternakan
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Memiliki
kemampuan dalam evaluasi usaha peternakan
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Memiliki
kemampuan dalam marketing usaha
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Memiliki
kemampuan dalam mencari sumber dana untuk usaha peternakan
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI LAINNYA
|
16
|
Memiliki karakter yang baik
|
|
|
|
|
|
17
|
Memahami dan toleransi terhadap budaya
lokal
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Memiliki
moral, etika dan akhlak yang baik
|
|
|
|
|
|
ELEMEN KOMPETENSI
a.
Landasan kepribadian
b.
Penguasaan ilmu dan keterampilan
c.
Kemampuan berkarya
d.
Sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan
keterampilan yang dikuasai;
e.
Pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
No comments:
Post a Comment